Senin, 15 Agustus 2011

Disorder

Sungguh tiada maksud apapun, saya hanya ingin mengembalikan ini pada cara lama sebuah metoda merancang. Selain itu memang karena tuntutan sang jenderal studio untuk membuat ini, maklum sudah setahun lebih studio kami berjalan mengerjakan beberapa karya tapi belum ada 1 model maket pun tercipta, ada yang hilang pada proses penciptaan karya dan terkesan terputus pada media gambar saja. Studi maket merupakan cara lama yang tepat dalam menciptakan simulasi "merasakan ruang" dalam sebuah rancangan. Ya, menciptakan sensasi ruang adalah pekerjaan yang lebih sulit ketimbang sekedar menciptakan atraksi bentuk arsitektural. Diperlukan sense ruang yang baik dari seorang perancang untuk menciptakan rasa ruang yang tak terlupakan. Arsitektur tidak sekedar dirasakan dengan cara melihat ataupun meraba saja, menciptakan sebuah pengalaman batin juga adalah tujuan lain dari arstiektur itu sendiri. Karena, sesungguhnya yang tersadari oleh indra ragawi bukanlah sebuah hal yang hakiki. Sungguh metode maket studi sangat membantu menciptakan hal-hal tersebut.


Kebetulan kami kedatangan seorang klien yang memiliki kegemaran fotografi dan mengkoleksi barang seni. Dari kegemaran itulah kami mencoba menciptakan konsep rumah sebagai ruang display (barang seni+foto) sekaligus menjadi rumah menjadi obyek fotografi yang baik. Dengan studi maket, aplikasinya memasukkan permainan cahaya dan bayangan matahari kedalam rumah, dengan cahaya dan bayangan itulah yang akan memberi karakter pada barang-barang koleksi Klien pada setiap sudut rumahnya. Namun sayang aplikasi ini masih sekedar mengandalkan insting dan taste saja, kami tidak sempat melakukan riset pergerakan matahari secara detil.
massa rumah kami pecah menjadi 4 bagian kecil. kenapa di pecah? maksud nya agar cahaya dan udara matahari dapat masuk merata ke dalam rumah. Posisi massa rumah kami coba geser tidak sejajar, sehingga keseluruhan massa memiliki orientasi yang berbeda, maksudnya agar setiap massa mempunyai efek tangkapan sinar+bayangan yang berbeda juga, sehingga suasana dalam ruangan akan bervariatif. Dengan massa terpecah, akan sangat memudahkan pengembangan rumah tumbuh, sehingga tidak perlu bongkar dan perbaikan utk menambahnya.

Rumah Disposisi, Madiun
Design By Yu Sing + Yopie
Model by Marchelia Gupita, Sandra Forestyana, Rina Ribka, Hebat Hidayat
2011


Tidak ada komentar: